Time Is Money

Selasa, 04 Februari 2014

Andrea Hirata

Hai hai.. ketemu lagi dengan saya. Kali ini saya ingin membahas tentang tokoh yang paling fenomenal di dunia sastra dengan topi hitam khas nya  adalah Andrea Hirata.

Andrea Hirata Seman Said Harun (lahir di Belitung, 24 Oktober 1976; umur 37 tahun) adalah novelis yang telah merevolusi sastra Indonesia. Ia berasal dari Pulau Belitung, provinsi Bangka Belitung. 

Dulu Andrea Hirata sangatlah suka dengan nama Andrea Hirata, dan termasuk Hirata nya. Baginya Hirata adalah nama yang special yang tidak dimiliki oleh orang lain. Sampai ia bertanya pada Ibunya.
‘’Ibu, apakah arti namaku tersebut”
‘’coba kamu ucapkan Hirata sebanyak 5 kali”
“ hirata hirata hirata hirata hirata,”
“coba ucapkan lebih banyak lagi dan lebih cepat”
“hirata hirata hirata hiratahirat ahirata ahirat.. akhirat”
“iya nak, ibu memberi nama kamu Andrea Hirata agar kamu selalu ingat dengan akhirat”.

Oke lanjut….

Novel pertamanya adalah novel Laskar Pelangi, novel sastra yang paling laris di Indonesia dari tahun 2006 sampai sekarang. Novel Laskar Pelangi merupakan novel yang diadaptasi menjadi berbagai bentuk seni lainnya, seperti film, lagu-lagu, dan drama musikal.

Pada awalnya saya ngak kenal sama orang yang bernama Andrea Hirata. Tapi semua berkat temen saya yang hobinya membaca, saya jadi kenal sama tokoh satu ini. Buku yang pertama kali saya baca adalah Rembulan dan Cinta Dalam Gelas.

Buku Rembulan menceritakan tentang kisah cintanya mersama A-LING. A-LING adalah anak dari seorang pedagang yang ada di Tanjung Pandan yang berdarah TIONG-HOA. Ikal bertemu dengan A-LING pada saat Ikat disuruh gurunya pergi ke Tanjung Pandan yang berjarak 100 km untuk membeli kapur.

Buku selanjutnya yang saya baca  adalah Cinta Dalam Gelas. Cinta Dalam gelas ini menceritakan pada saat dia bekerja membantu pamanya menjadi seorang penjaga warung. Pada jaman itu di Belitong sangatlah terkenal dengan kopinya. Dari sederetan jalan hanyalah ada warung kopi yang ada. Tetapi warung pamanya selalu tak pernah kehilangan pelanggan. Warung pamanya memiliki 1000 lebih pelanggan. Dan Ikal sangat hafal berapa takaran untuk setiap orangnya. Sebetulnya tidak itu yang membuat Ikal hafal. Semua itu tergantung nasib yang diterima si pelanggan. Ada pun orang yang lagi susah yang akan meminum kopi, dia pun memesan kopi dengan kadar gula tinggi, tpi tetap saja rasanya pahit. Begitu pula sebaliknya. Bahkan Ikal dapat tahu keriteria orang dengan melihat cara dia memegang gelas kopinya..

Selain itu, Andrea Hirata menghasilkan tetralogi novel, yaitu :
3.  Edensor
.
.
.
Andrea Hirata bukanlah orang yang memiliki bakat sastra dalam dirinya.
Dia adalah orang biasa yang tinggal di Belitong dan tidak tau sama sekali dunia sastra. Dia bahkan tidak pernah membaca novel. Di sekolahnya dulu, amat jarang sekali dia menemukan buku. Dan dia pernah mendapatkan buku dari First Love Nya.

Asal mulai memiliki buku pertamanya yaitu Laskar Pelangi ialah karena ia mempunyai janji akan membuat buku untuk gurunya atas pengabdianya. Andrea Hirata menyelesaikan tulisanya hanya dalam waktu 2 Minggu. Akhirnya selesailah dan dia print.

Pada saat seorang temanya singgah ke rumahnya, temanya bermaksud meminjam laptop Andrea Hirata. Andrea Hirata pun mengizinkan temanya untuk mengambil sendiri laptopnya yang ada di kamarnya. Temanya pun melihat dan menbaca buku tersebut dan mengatakan buku ini harus di cetak menjadi buku jilidan. Tpi Andrea Hirata menolak karena buku itu bersifat pribadi.

Sang teman pun bersiasat menerbitkan buku itu tanpa sepengetahuan Andrea Hirata. Dia pun memalsukan tandatangan kontak. Lalu sang pihak percetakan menelfon Andrea Hirata bahwa akan diterbitkanya buku tersebut. Akhirnya Andrea Hirata pun mengizinkan untuk menerbitkanya.
Dan Andrea Hirata pun mulai kaget karena bukunya dalam waktu 3 minggu sudah mencapai Best Seller.

Oke teman teman, sekian dari saya atas penge-postan salah satu Idola saya. Semoga bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa amalkan Ilmu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar